Paturay Tineung

0
542

Paturay Tineung? Mungkin bagi kalian yang bukan keturunan sunda, kata ‘paturay tineung’

terdengar asing bahkan sulit untuk diucapkan. Tapi sebenernya kata Paturay Tineung itu asli dari

Bahasa Sunda loh yang artinya perpisahan. Perpisahan disini ditujukan untuk akang-akang dan

teteh-teteh yang sudah melepas status mahasiswa-nya dan berganti mendapatkan gelar “Sarjana

Pendidikan (S.Pd)”. Gelar (S.Pd) itu sendiri mungkin terdengar simpel atau hanya sebagai penambah

nama, tapi aslinya jalan yang ditempuh untuk mendapatkan gelar tersebut sangat panjang dan sulit.

Dimulai dari kuliah selama 4 tahun, belum lagi mata kuliahnya baru denger nama matkulnya

aja langsung hopeless, ditambah dosen yang kalau ngasih nilai keseringan ekstrim dan sukses bikin

mahasiswanya galau semalaman. Ini pun baru awal, nanti di semester akhir kita akan disambut

dengan penyusunan skripsi yang konon katanya menyita sebagian besar waktu mahasiswa sampai

pada ujian sidang yang katanya sih hasil dari kuliah 4 tahun ditentukan sama ujian sidang. Jadi,

memang pantes banget untuk akang-akang dan teteh-teteh semua berbahagia saat wisuda dan

mendapat gelar (S.Pd), terlebih lagi kalau wisudanya tepat waktu.

Berawal dari sinilah, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (HIMADIKSI) khususnya

kompartemen 4 (Sosial dan Politik) mengadakan acara Paturay Tineung. Perpisahan di acara Paturay

Tineung ala HIMADIKSI ini gak ada yang namanya sedih-sedihan apalagi banjir air mata ditinggal

kakak-kakak tingkat kita, melainkan kita merayakan bersama kelulusan wisudawan/i Pendidikan

Akuntansi, yang pastinya acara ini dipersiapkan se-menarik mungkin oleh seluruh panitia dan warga

Pendidikan Akuntansi.

Acaranya kayak apa sih? Acara dimulai dengan penjemputan akang-akang dan teteh-teteh

yang sudah diwisuda di gymnasium. Gymnasium itu sendiri mungkin merupakan tempat paling

berkesan bagi seluruh mahasiswa UPI, karena disanalah tempat dimana kami memulai dan

mengakhiri status kami sebagai mahasiswa UPI. Dari seluruh acara, suasana di Gymnasium yang

paling heboh! Karena, seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan berkumpul jadi satu di

depan gymnasium untuk menyambut akang-akang dan teteh-teteh mereka yang sedang wisuda

juga, sambil menyerukan yel-yel mereka. HIMADIKSI juga tidak mau kalah, kita juga meneriakkan yel-

yel kita yang dipimpin oleh maskot HIMADIKSI yaitu kalkulator. Pasti udah pada tau kan kenapa

kalkulator? Yap. Anak pendidikan Akuntansi pasti udah kenal akrab sama kalkulator. Benda yang

sifatnya wajib dibawa kalau mau kuliah.

Setelah akang-akang dan teteh-teteh sudah berkumpul, kita mengiring mereka ke Gedung

Garnadi 01 untuk melanjutkan acara Paturay Tineung yang sudah dipersiapkan oleh HIMADIKSI.

Acaranya sendiri terdiri dari sambutan-sambutan, kesan dan pesan dari wisudawan/i Pendidikan

Akuntansi untuk warga HIMADIKSI yang bertujuan untuk memotivasi kami agar selalu rajin kuliah

biar bisa wisuda tepat waktu, syukur-syukur lebih cepat hehe. Dilanjutkan dengan pemberian

souvenir, dan puncaknya adalah potong tumpeng sebagai simbolis rasa syukur atas kelulusan akang-

akang dan teteh-teteh, lalu diakhiri dengan foto bersama warga HIMADIKSI dengan wisudawan/i

Pendidikan Akuntansi yang disaat itu kelas berubah seketika menjadi foto studio dengan banyaknya

kamera dan tongsis yang bertebaran.
Laman 2 dari 2

Mungkin acaranya termasuk acara yang sederhana, namun lebih dari itu acara ini

dipersiapkan dengan sepenuh hati oleh HIMADIKSI untuk akang-akang dan teteh-teteh. Acara ini

juga sebagai rasa terima kasih kami kepada akang-akang dan teteh-teteh karena sudah membantu

serta membimbing kami hingga sampai saat ini. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk

mempererat tali silaturahmi antar warga Pendidikan Akuntansi. Kami juga berharap semoga dengan

kelulusan akang-akang dan teteh-teteh, pendidikan Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi. Aamiin.

 

Created by : Adinda Veradina

sumber : Adinda Veradina (P.AK 14)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here